Tingkatkan Konektivitas Logistik, TPK Belawan Terapkan Auto Gate


MEDAN, Waspada.co.id – Guna mendukung program pemerintah dalam mengimplementasikan tantangan terhadap konektivitas logistik terhadap national logistic ecosystem (NLE), Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan membangun sistem terintegrasi dengan menerapkan auto gate atau pelayanan secara otomatis di pintu perlintasan.

Demikianlah disampaikan General Manajer TPK Belawan, Yarham Harid saat memantau program auto gate di pintu masuk perlintasan utama menuju ke Terminal Peti Kemas Belawan, Selasa (6/7)

Penerapan program auto gate diberlakukan untuk mengurangi tatap muka atau sentuhan langsung antara petugas dan pengguna jasa khususnya bagi sopir yang melintasi terminal. Tujuannya, untuk menghindari tatap muka ini juga agar menghindari adanya pungli dan grativikasi lainnya.

“Proses di auto gate ini tidak berubah banyak. Pengguna jasa yang akan masuk ke terminal nantinya menggunakan sim card dengan sistem QR Code. Jadi, sopir tinggal menempelkan di mesin scanning yang disediakan untuk membuka gate nya secara otomatis,” terang Yarham didampingi Humasnya, Halimatus Sakdiah.

Dengan adanya sistem auto gate, lanjut Yarham, informasi yang masuk dengan sendirinya akan masuk ke dalam sistem. Untuk setiap harinya, mobilitas pengguna jasa truk melakukan aktivitas keluar -masuk sebanyak 1000 hingga 2500 truk.

“Secara efektif, program ini masih tahap sosialisasi. Mulai hari ini kita implementasikan program auto gate untuk dilakukan penyesuaian di lapangan. Sehingga, kita targetkan sampai dua minggu ke depan sudah efektif pelaksanaannya,” pungkas Yarham.

Harapan GM TPK Belawan ini, dengan sistem digitalisasi ini dapat meningkatkan efektivitas layanan informasi secara terpadu yang transparan, serta pengamanan area palabuhan yang mengacu pada standar ISPS (The International Ship and Port Facility Scurity).

“Program ini untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional guna meningkatkan ekspor dan impor agar lebih bisa berdaya saing dengan biaya murah, mudah, transparan, dan lebih cepat,” sebut Yarham mengakhiri. (wol/ril/data3)





Baca juga berita yang lain
Tingkatkan Konektivitas Logistik, TPK Belawan Terapkan Auto Gate
Dukung NLE, Pelindo 1 Terapkan Autogate System di TPK Belawan
Ini Cara Bea Cukai Mempercepat Implementasi NLE di Pelabuhan Belawan dan Tanjung Emas Jumat,
MESKI PANDEMI, KINERJA 2020 PELINDO 1 TETAP POSITIF
PELINDO 1 TARGETKAN PERTUMBUHAN PETIKEMAS 10 PERSEN DAN KARGO 22 PERSEN PADA 2021