Pelindo I Perkuat Layanan Digital Pelabuhan


Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus mengembangkan layanan digitalnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja sekaligus meningkatkan kepuasan pengguna jasa pelabuhan di lingkungan Pelindo I.

“Pada tahun ini, kami menginisiasi dan mengembangkan sejumlah layanan digital di seluruh lingkungan Pelindo I yang didesain khusus bagi para pengguna jasa. Sehingga dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja,” terang Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I, Prasetyo di Medan dalam keterangan resmi, Minggu (1/11/2020).

Prasetyo menjelaskan, salah satu yang tengah dikembangkan adalah layanan digital kepelabuhanan berupa i-Marine dan Port Operation Command Center (POCC). Sistem ini akan membuat seluruh layanan operasi pelabuhan dapat dikendalikan dalam satu sistem secara real time.

Sistem i-Marine dapat membantu pengguna membuat perencanaan tambat, pemanduan dan penundaan secara online, layanan online meeting, informasi posisi kapal, layanan pemanduan, penundaan, air kapal, dispatching pilot assignment dan tugboat secara real time. Adapun sistem POCC, digunakan sebagai pusat kendali dan koordinasi pelayanan kapal dan terminal serta monitoring antrian kapal.

Selain itu, Pelindo I juga telah menerapkan digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan. Yaitu dengan menggunakan Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui web portal https://igateway.pelindo1.co.id.

IGMT bisa digunakan untuk pengajuan pelayanan jasa kepelabuhan di setiap cabang pelabuhan dan Container Terminal Operating System (CTOS) yang khusus digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan, baik untuk layanan domestik maupun internasional.




Baca juga berita yang lain
MESKI PANDEMI, KINERJA 2020 PELINDO 1 TETAP POSITIF
PELINDO 1 TARGETKAN PERTUMBUHAN PETIKEMAS 10 PERSEN DAN KARGO 22 PERSEN PADA 2021
Protokol Kesehatan Stasiun, Terminal, Pelabuhan dll
Pelindo I Perkuat Layanan Digital Pelabuhan
BP Batam dan Pelindo I Kerja Sama Pemanduan Kapal