Vessel


Terminal Pelabuhan Sibolga akan Beroperasi 1 September


Sibolga - Sejak diresmikan Presiden Jokowi pada Maret 2019 lalu, terminal penumpang kapal penyeberangan di Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara akan mulai beroperasi 1 September 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Manajer Keuangan dan Umum PT Pelindo I Sibolga, Ahmad Sofian, usai meninjau simulasi pengoperasian terminal penumpang Pelabuhan Sibolga, Kamis 22 Agustus 2019.

Sebelum beroperasi kata Sofian, Pelindo telah melakukan simulasi penataan alur proses pelayanan di terminal, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

Dikatakan, beberapa instansi yakni KSOP, Lanal, Polres, Tenaga Kerja Bongkar Muat, penyedia kapal WJL dan ASDP telah dilibatkan dalam simulasi agar memahami peran masing-masing saat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang.

"Kita sudah koordinasikan, tak ada kendala berarti jelang pengoperasian terminal," kata Sofian.

Menurut dia, Pelindo Sibolga sudah mempersiapkan sistem pengamanan penumpang di pelabuhan sesuai mekanisme, begitu juga dengan regulasi untuk barang bawaan penumpang.

Disinggung soal jumlah armada yang tersedia, Sofian menyebut, kapal penyeberangan milik WJL di pelabuhan untuk sementara ini berjumlah tiga unit, dengan rute Sibolga-Nias.

"Kita hanya petugas pengamanan saja. Kalau petugas pelayanan termasuk operatornya dari pihak WJL dan ASDP. Untuk sementara petugas pelayanan yang ada sajalah dulu," tuturnya.

Di sisi lain kata Sofian, aturan maupun ketentuan diberlakukan bagi masyarakat umum yang berwisata untuk memastikan terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.




Baca juga berita yang lain
Ikut Konferensi Wisata Kapal Pesiar di Sidney, Indonesia Perkenalkan 19 Pelabuhan
Terminal Pelabuhan Sibolga akan Beroperasi 1 September
Menteri Pariwisata Kagum Fasilitas Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai
Pelindo I Rayakan HUT RI Bersama Anak-anak Kampung Nelayan Belawan
Bongkar Muat di Pelabuhan Pelindo Naik 10 Persen